Pengertian, Manfaat dan Macam-macam Vitamin

assalamualaikum,
kali ini saya akan membagi info ataupun ilmu tentangVitamin,
tentu kata VITAMIN sudah tidak asing lagi bagi kita, ya, karna dalam kehidupan sehari hari kita sangat memerlukannya,
langsung saja, artikel ini saya buat dengan ringkas agar mudah di pahami.

Vitamin
Vitamin adalah senyawa organik kompleks yang esensial yang berperan dalam pertumbuhan dan fungsi biologis tubuh lainnya.


Vitamin adalah senyawa organik kompleks yang esensial yang berperan dalam pertumbuhan dan fungsi biologis tubuh lainnya.


Macam-macam Vitamin dan sumbernya
dalam hal ini, sehingga diharapkan kalian mampu mengetahui jenis jenis vitamin dan darimana vitamin tersebut diperoleh, sehingga dapat menjadi acuan bagi kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan setiap harinya.

Vitamin sendiri dibagi menjadi 2 berdasarkan media pelarutnya:

1. Vitamin yang Larut Dalam Air

Untuk jenis vitamin yang larut dalam air, ada 2 yaitu vitamin B dan vitamin C. Berikut untuk detail lengkapnya:

Vitamin B

Vitamin B dibagi menjadi beberapa macam, antara lain yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B11, dan B12. Kita akan membahasnya satu persatu:

Pengertian Vitamin yang Perlu diketahui

Vitamin adalah senyawa organik kompleks yang esensial yang berperan dalam pertumbuhan dan fungsi biologis tubuh lainnya.

Seperti yang sudah saya utarakan pada pembahasan diatas, tubuh kita memerlukan yang namanya asupan vitamin. Tetapi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam kadar yang sedikit. Tapi walaupun begitu, jika tubuh kita sampai kekurangan yang namanya vitamin, maka akan membuat kita terserang penyakit yang bernama Avitaminosis atau penyakit kekurangan vitamin.

Jadi untuk menjaga kesehatan tubuh kita, sudah sepatutnya kita memerhatikan makanan yang kita konsumsi serta vitamin yang ada didalamnya.

Macam-Macam Vitamin dan Sumber Makanannya

Selanjutnya kita akan membahas macam-macam dari vitamin, nah yang akan kita jadikan acuan untuk membagi macam-macam vitamin tersebut adalah berdasarkan larut tidaknya vitamin tersebut dalam air dan lemak, lebih detailnya sebagai berikut:

1. Vitamin yang Larut Dalam Air

Untuk jenis vitamin yang larut dalam air, ada 2 yaitu vitamin B dan vitamin C. Berikut untuk detail lengkapnya:

Vitamin B

Vitamin B dibagi menjadi beberapa macam, antara lain yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B11, dan B12. 
lalu akan saya bahas satu persatu:
  1. Vitamin B1,berperan dalam proses metabolisme karbohidrat serta penyerapan air dan lemak didalam tubuh. Perlu diperhatikan, jika kalian kekurangan vitamin ini, maka kalian akan terkena penyakit beri-beri. Untuk  mencegahnya kalian bisa mengkonsumsi makanan seperti daging, kacang-kacangan, ikan, dan hati.
  2. Vitamin B2 berperan dalam merangsang saraf mata agar bekerja optimal. Jika kekurangan vitamin ini, maka akan mengakibatkan gangguan penglihatan. Untuk mencegahnya sobat bisa mengkonsumsi makanan seperti telur, keju, sayur, dan hati.
  3. Vitamin B3 berperan dalam mencegah penyakit yang bernama pelagra. Untuk mencegahnya kalian bisa mengkonsumsi bayam, kol, usus dan tomat.
  4. Vitamin B5 berperan dalam menjaga kandungan konsentrasi gula darah agar tetap berada diambang normal. Vitamin ini banyak terdapat pada buah-buahan, kuning telur dan daging.
  5. Vitamin B6 berperan dalam pembentukan sel darah serta merangsang kerja urat saraf. Vitamin jenis ini banyak terdapat pada biji-bijian, sayur dan buah-buahan.
  6. Vitamin B11 berperan dalam proses pembentukan sel darah. Kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan penyakit kekurangan darah akut atau anemia akut.
  7. Vitamin B12 berperan dalam mencegah penyakit anemia. Vitamin ini banyak terdapat pada susu, hati dan ikan.
 Vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh kita dalam mencegah penyakit sariawan, masalah gusi berdarah, dan darah sukar membeku. Jika kalian ingin mencegah berbagai penyakit tadi, kalian bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti jambu, jeruk, mangga dan buah lainnya.

2. Vitamin yang Larut Dalam Lemak

Vitamin A
Vitamin ini berperan dalam mencegah penyakit mata dan menjaga kesehatan tubuh kita agat tetap bugar. Jika seseorang kekeurangan vitamin A, maka orang tersebut akan mudah sekali terserang penyakit mata, kulit pecah-pecah, dan pendarahan pada selaput usus dan ginjal. Sumber vitamin A bisa kalian temui pada sayur-sayuran yang berwarna kuning, telur, susu, dan minyak hewani.

Vitamin D
Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan tulang kita. Jika kita kekurangan vitamin ini, maka kesehatan tulang kita akan terganggu dan mudah sekali terserang penyakit seperti rakitis, dan penyakit tulang lainnya. Untuk mencegahnya kalian bisa memakan makanan seperti minyak ikan, susu, kuning telur, dan mentega.

Vitamin E
Vitamin E berperan dalam menjaga kesuburan terutama pada wanita. Dengan adanya kandungan vitamin E yang pas dalam tubuh seorang wanita maka akan semakin baik. Pasalnya vitamin E bisa mencegah kemandulan dan keguguran.Sumber vitaminnya bisa kalian dapatkan dengan mengkonsumsi toge, kuning telur, ragi dan lemak.

Vitamin K
Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah pada tubuh. Kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan darah sukar membeku dan jika tidak segera ditangai akan berujung pada kematian. Untuk mencegahnya silahkan kalian konsumsi sayur-sayuran, toge, biji-bijian dan hati.

Manfaat Vitamin bagi Tubuh Kita

Dengan jumlah yang telah ditentukan bagi tubuh, vitamin akan sangat bermanfaat.
Berikut manfaatnya:
  1. Mampu mencegah berbagai penyakit
  2. Mempertahankan fungsi jaringan agar tetap normal
  3. Membantu berbagai proses penting dalam tubuh
  4. Berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×