GUDANG INFO: Senam Ketangkasan (Salto, Flik-Flak, dan Loncat Harimau/Tiger Sprong)

Senam Ketangkasan adalah materi pembelajaran Penjaskes yang akan saya bahas kali ini, yaitu mengenai Latihan gerakan salto, latihan gerakan flik-flak, dan juga latihan gerakan loncat harimau atatu tiger sprong.
langsung saja cek artikelnya untuk mempelajari gerakan gerakan dari senam ketangkasan berikut.

Senam Ketangkasan.

A. Pengertian Senam

Senam merupakan latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan terencana serta disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis. Unsur-unsur yang terkandung dalam olahraga senam di antaranya adalah calesthenic dan tumbling. Calesthenic adalah latihan tubuh tanpa menggunakan alat (latihan bebas). Latihan ini fungsinya adalah untuk meningkatkan keterampilan, sedangkan tumbling adalah latihan ketangkasan, yaitu badan berputar dan melenting.

B. Latihan Gerakan Salto

Pengertian Salto depan atau  front somervault adalah gerakan meng-guling (roll) di udara ke arah depan. Supaya badan dapat berputar di udara, sikap badan harus bulat. Poros putaran gerakan salto disebut sumbu putaran transfersal. Jika dilihat gerakan salto ini sama dengan putaran pada  roll (guling) depan, hanya saja keterampilan salto ini dilakukan di udara.

Putaran salto minimal harus 360 derajat. Satu putaran ini disebut dengan  single salto, karena badan hanya memutar satu kali putaran. Jika derajat putarannya ditambah, misalnya sekitar 45 derajat, maka hasil putaran (mendarat) akan berbentuk dalam posisi telungkup. Namun, putaran salto ke depan juga bisa dilakukan dua kali atau  double salto. Cara melakukan salto depan adalah sebagai berikut.
  • Awalan  :  Lakukan awalan beberapa langkah.
  • Tolakkan  :  Lakukan tolakan dengan kedua kaki ke atas dengan kuat, bersamaan dengan kedua lengan diayun kuat ke atas.
  • Layangan  :  Saat mencapai titik loncatan maksimal, kedua tangan memeluk lutut, dan kepala menunduk.
  • Pendaratan  :  Menjelang pendaratan, pegangan tangan dilepaskan, kedua lutut diluruskan, kemudian mendarat dalam posisi berdiri.
 Pengertian Salto Depan


Gambar:  gerak salto belakang
Bagi pemula, gerakan ini cukup sulit dan beresiko tinggi. Untuk keselamatan, siapkan peralatan yang memadai dan bimbingan atau bantuan. Latihan untuk pemula dapat dilakukan sebagai berikut.
  • Lakukan secara berpasangan.
  • Pasangan saling membelakangi. 
  • Kedua tangan lurus ke atas, salah satu memegang pergelangan tangan. Kemudian bungkukkan badan sehingga telapak tangan temanmu yang dipegang menyentuh lantai.

 Definisi Salto belakang

Beberapa kesalahan umum saat melakukan gerakan salto belakang.
  • Ayunan lengan ke atas belakang kurang kuat.
  • Kepala tidak tegak dilipat ke belakang.
  • Tolakan kaki kurang kuat, terlalu cepat atau terlalu lambat menolak.
  • Lengan tumpu bengkok, tumpuan tangan terlalu cepat atau terlalu lambat.
  • Tolakan cepat menghentakkan kaki sebelum sikap handstand.
  • Tolakan tangan kurang kuat.

c. Latihan Gerakan Flik-Flak

Flik-Flak adalah suatu bentuk gerakan dalam senam lantai yang dimulai dengan berdiri, kemudian membengkokan lutut, setelah itu menolakan kedua kaki serta melemparkan kedua tangan kebelakang hingga mendarat, tangan dijadikan tmpuan untuk gerakan, selanjutnya badan membusur disertai lemparan kedua kaku ke belakang hingga berdiri tegak.
Cara melakukan gerakan flik-flak sebagai berikut.
  1. Ancang-ancang dengan berdiri tegak. Selanjutnya, lakukan gerakan melenting ke belakang hingga kedua lengan (telapak tangan) bertumpu pada matras.
  2. Lakukan tolakan kedua kaki ke atas sehingga kedua kaki bergerak membusur di atas, kemudian kedua kaki secara bersama-sama mendarat dalam posisi berdiri kembali.

Loncat Harimau dan Flik-flak
Gambar: Gerakan flik-flak
Jika Anda belum dapat melakukan gerak flak-flik sendiri, mintalah teman Anda untuk membantu. Gerakan flik-flak dapat dikombinasikan dengan menggunakan peti lompat. Hal ini bertujuan untuk merasakan lentingan badan ke belakang dan mempersiapkan pendaratan lebih lama.

D.  Loncat Harimau (Tiger Sprong)

Loncat harimau adalah suatu gerakan yang menyerupai gerak guling depan, hanya saja gerakannya dilakukan dengan awalan suatu loncatan jauh ke depan dan mendarat dengan kedua lengan dan berguling seperti pada guling depan. Latihan loncat harimau dapat dilakukan dengan tahapan gerak seperti berikut.

a.  Awalan 

 Sikap berdiri mengambil ancang-ancang dengan kecepatan disesuaikan, di beberapa langkah terakhir bersiap melakukan tolakan. 

b.  Pelaksanaan  

Tolakkan kedua kaki sehingga badan terdorong ke depan. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokan untuk meloncat ke atas dan ke depan. Setelah itu tungkai lurus, lengan diayunkan ke depan, dan mendarat lebih dulu pada matras. 

c.  Akhiran

Tekuk kepala hingga menunduk dan punggung dibulatkan sehingga terjadi gulingan ke depan. Akhiri dengan posisi jongkok serta tangan lurus ke depan.
Loncat Harimau dan Flik-flak
Gambar: Gerakan loncat harimau

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×