GUDANG INFO: Kemampuan (Pengertian, Jenis-jenis, ekspresi kemampuan)

Kemampuan adalah salah satu materi pembelajaran bidang Bimbingan dan Konseling yang akan saya bahas kali ini, yang meliputi Pengertian kemampuan, Jenis-jenis kemampuan, dan ekspresi kemampuan. Langsung saja cek artikelnya

KEMAMPUAN

 

A. Pengertian Kemampuan

 Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk berfikir, bertindak, serta berkembang sesuai kemampuan dan pengalaman. Hal ini membuat kemampuan seseorang berbeda dengan yang lainnya. Di samping kemampuan dan pengalaman, seseorang juga memiliki kesempatan dan koompetensi yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan dapat didefinisikan sebagai hasil usaha dari pengalaman dan belajar berdasarkanberbagai kompetensi tertentu.
 Menurut kamus wikipedia, Kemampuan adalah kapasitas seorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam pekerjaan. Kemampuan juga berarti buah penilaian apa yang dilakukan oleh seseorang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian kemampuan adalah kapasitas seseorang untuk memperoleh hasil usaha sesuai dengan pengalaman dan belajar.
 Cakupan kemampuan sangat luas dan tidak terbatas, maka untuk menilai sebuah hasil usaha diperlukan kompetensi yang lain.
 Penguasaan kemampuan berkaitan dengan faktor kemauan. Kemauan yang kuat akan mendorong seseorang giat belajar dan berlatih untuk menguasai kemampuan-kemampuan dan terus membuat seseorang berusaha keras.

B. Jenis-Jenis kemampuan

Ada beberapa jenis kemampuan yaitu sebagai berikut:

Kemampuan Umum (IQ)

Pengertian kemampuan umum atau Intellectual Ability adalah kemampuan yang didahulukan dalam beraktivitas, mental berfikir, menalar, dan memecahkan masalah. Menurut William Steven intelegensi adalah kesanggupan untuk menyesuaikan diri terhadap kebutuhan baru dengan menggunakan alat-alat berfikir sesuai tujuan.

Kemampuan Khusus (Bakat)

Bakat adalah kemampuan yang dibawa sejak lahir. Dalam perkembangannya, bakat sangat bergantung pada peran orang tua dalam mengenali bakat yang dimiliki anaknya. Bakat juga berarti kemampuan bawaan, merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus. Hal ini akan membawa seseorang pada kemampuan khusus pada bidang-bidang tertentu yang akan bermanfaat pada pemilihan pendidikan lanjutan atau bakat-bakat nyata dan terlatih.

C. Ekspresikan kemampuan anda

2 cara mengekspresikan kemampuan antara lain sebagai berikut.
  1. Membangun kepercayaan diri dan untuk memulainya seseorang akan banyak berfikir dan melihat diri Anda sendiri merasa tak mampu. Padahal Anda sudah sampai di tengah pintu keberhasilan. Semakin tinggi yang dicapai akan merasa sedikit dan tahu keluasan yang tanpa batas.
  2. Orang yang menunda pekerjaan tidak akan pernah bisa memasuki kesuksesan bahkan jauh tertinggal. Kuncinya adalah belajar dan berlatih dengan rutin. Orang yang pintar akan mudah sampai ditengah jalan kesuksesan, namun jika ia hanya diam akan menjadi biasa saja dan kalah dengan orang yang kemampuannya biasa saja tapi tekun berlatih. Diri sendirilah yang akan memegang kendali dalam hal ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×